Be my friends & live chat @ social accounts

Analisa Pemasangan Protokol HTTPS Bagi Situs


Analisa yang saya sampaikan ini terkait cara pasang protokol HTTPS, harga dan keunggulan serta efek negatif pada sebuah situs website (termasuk blog). Banyak teman yang bertanya apakah hal ini wajib? Mengingat dalam penelusuran google, pemasangan SSL aman HTTPS (singkatan dari: Hypertext Transfer Protocol Secure) secara menyeluruh belum semua pebisnis online menggunakannya.

Saya menjawab bahwa SSL ini wajib digunakan. Apalagi, google sendiri telah menyatakan bahwa url domain yang memasang https sebagai protokolnya, memiliki peringkat lebih baik dalam SERP (dongkrak seo). Website yang menggunakannya dianggap memiliki tingkat keamanan lebih tinggi bagi pengunjungnya.pasang ssl

Analisa Menyeluruh Pemasangan HTTPS

Fungsi Protokol HTTPS

Seperti dijelaskan di atas bahwa protokol ini sangat berguna bagi keamanan para pengunjung blog dan website. Fungsinya yang melakukan enkripsi terhadap arus lalu lintas data pada sebuah situs meningkatkan kenyamanan dan keamanan visitors web. Jadi, jika anda membuat website, pastikan menginstall protokol https daripada http (tanpa sertifikat SSL) yang rawan terhadap pencurian informasi transaksi data.

Sebelum protokol ini populer, kita sering dengar bahwa melakukan transaksi online, misalnya menggunakan kartu kredit, amat berbahaya. Data yang dimasukkan dapat dicuri dan digunakan oleh pihak lain. Tetapi dengan teknologi baru, maka keberadaan https sangat mumpuni menangkalnya. Coba cek situs besar dan bahkan semua bank menggunakan protokol ini.

Harga HTTPS

Kampanye penggunaan protokol aman untuk website dan blog ini cukup meluas. Sehingga memicu persaingan penjualan HTTPS yang cukup sengit. Penawaran SSL gratis hingga berbayar belasan juta rupiah terjadi di media internet.

Mengapa harga pemasangan SLL https berbeda-beda? Tentu saja ini berkaitan dengan fitur keamanan yang dimilikinya. Jika anda pemilik website baru dan skala usaha masih kecil dan menengah, penggunaan protokol https secara gratis masih oke koq.. Atau anda dapat gunakan SSL murah yang banyak ditawarkan untuk single domain, mulai dari Rp. 100.000 hingga 1 juta per tahun.

Tetapi jika anda memiliki database rahasia yang cukup besar seperti bank, maka jangan sembarangan memilih protokol SSL HTTPS. Carilah yang memiliki tingkat keamanan super tinggi, dan biasanya sertifikat memiliki kode nama perusahaan pada url. Harganya minimal 7,5 juta hingga 20 juta per tahun. Jenis ini biasanya bisa dipasangkan juga pada sub domain.

Cara Pasang HTTPS

Bagi anda yang awam dan ingin mencoba SSL yang gratis, silakan hubungi penyedia hosting anda. Biasanya mereka selain menyediakan berbayar, juga ada varian gratis. Salah satu penyedia protokol untuk https gratis adalah Lets Encrypt.

Cara memasang SSL https di website dan blog adalah sebagai berikut (menggunakan self hosting):

  1. Silakan login ke akun cpanel anda.
  2. Lalu pilih menu Security.
  3. Pilih program SSL/TLS manager.
  4. Pilih: “generate, view, upload or delete your private keys”
  5. Pilihlah key size 2048 lalu klik generate. Sebaiknya sebelum klik generate, anda isi deskripsi-nya.
  6. Lakukan generate CSR (singkatan: Certificate Signing Request).
  7. Setelah berhasil, silakan membeli SSL (jika berbayar). Karena saat melakukan transaksi order https ini, maka anda diminta untuk mengirimkan sertifikat CSR tadi. Beberapa saat anda akan diminta untuk verifikasi (biasanya via email). Jika berhasil transaksi, maka pihak provider akan mengirimkan kode info sertifikat kepada anda.
  8. Silakan masuk kembali ke Cpanel dan program SSL/TLS.
  9. Pilih menu CRT. Paste kode info sertifikat ke kolom yang tersedia.
  10. Aktifkan SSL pada pada website anda (HTTPS).

Cara pasang https di atas cukup mudah, bukan?

Analisa Keunggulan Pasang SSL

  • Paling utama adalah keamanan pengguna situs anda.
  • Memiliki posisi SERP lebih baik. Walaupun belum tentu menjadi ranking 1 karena faktor yang mempengaruhi SEO ada lebih dari 200 bagian yang perlu di optimasi pada sebuah blog maupun website.
  • Terlihat profesional. Saat ini, masyarakat awam melihat bahwa perusahaan-perusahaan besar pasti situsnya memasang https.
  • Relatif lebih aman dari serangan hacker kacangan.

Dengan adanya keunggulan ini, maka jasa pembuat website yang saya kelola sudah mengadopsi pada semua website, terpasang https demi keamanan pengunjung situs anda.

Analisa Kelemahan Pasang SSL

Walaupun fungsinya sangat berguna bagi sebuah website, tetapi memasang protokol https memiliki kekurangan tersendiri yang perlu anda pahami. Yaitu:

  • Loading situs menjadi lebih lambat sepersekian detik. Makanya jika menggunakan SSL berbayar, speed yang lambat bisa diantisipasi.
  • Jika anda memanfaatkan tutorial cara pemasangan sertifikat SSL https di atas dengan versi yang gratis, maka biasanya per tiga bulan perlu dilakukan renewal. Jika anda terlambat melakukan pembaruan, maka saat web diakses akan muncul warning: “sertifikat tidak aman”. Bagi pengunjung situs yang awam, warning ini mengakibatkan ketakutan tersendiri sehingga tidak jadi membuka website atau blog anda.
  • Kejadian warning di atas juga terjadi jika anda terlambat melakukan pembayaran iuran tahunan untuk SSL yang berbayar.

Demikianlah analisa terkait keberadaan protokol aman https dengan sertifikat SSL baik yang gratisan maupun berbayar. Panduan cara memasang ssl di atas jika dirasa sulit, silakan meminta bantuan penyedia hosting / VPS anda. Biasanya mereka mau membantu karena cukup mudah pemasangannya.

Bagikan Yuk..