Be my friends & live chat @ social accounts

Metode Promosi Website Yang Efektif Itu Mahal!


Banyak yang mengira bahwa kegiatan promosi website yang efektif itu tidak mahal. Yakinkah, kamu? Dulu saya meninggalkan dunia kerja kantoran sebagai karyawan karena sering mendengar bahwa bisnis online secara umum itu murah. Berbekal usaha awal yang dirintis, saya mencoba memanfaatkan media internet sebagai media promosinya. Dan seiring berjalannya waktu, saya melihat bahwa memiliki website / blog / situs, memang tidak mahal dibanding membuka toko offline dan membayar beberapa karyawan. Tetapi agar orang-orang di sekeliling mengetahui lapak kita, maka diperlukan mengiklankan website. Dan ternyata, cukup mahal!

Metode Promosi Web

Jika anda ingin memiliki bisnis online dengan menggunakan situs (website) dan ingin sukses, maka perlu mengetahui metode promosi yang ampuh sehingga efektif mendongkrak profit perusahaan. Sebagian dari usaha yang saya geluti menggunakan beberapa instrumen periklanan dan promosi berikut ini. Apalagi, bisnis gadai yang saya kelola menawarkan pinjaman jaminan bpkb mobil ke seluruh Indonesia. Tentu saja dibutuhkan kalkulasi budget iklan secara khusus, mengingat saya kendalikan semuanya dari Tangerang. Dan metode advetorial yang bisa dilakukan oleh pelaku digital marketing untuk mempromosikan website adalah sebagai berikut:

promosi situs

  1. Metode SMO. Social Media Optimization adalah teknis yang paling banyak dilakukan pemula. Prinsipnya membuat akun yang mewakili nama website, lalu memperbanyak pertemanan maupun fans. Pengikut akun sosial yang banyak adalah kunci sukses metode ini. Dan pastikan bahwa pengikut akun sosial tersebut adalah benar-benar asli (real human), bukan boot. Jika anda berhasil mengumpulkan banyak teman dan akun mereka asli, maka potensi beriklan dari efek viral (berkomentar atau menyukai) adalah tujuan pengembangan promosinya. Jika anda berpromosi dengan menyebarkan link website ke akun social media, maka jika ada pengikut yang berkomentar atau nge-like, link tersebut juga muncul di jaringan pertemanan orang tersebut. Ini promo gratis dan efektif. Tetapi memang butuh waktu dan teknik manual dalam melakukannya.
  2. Metode SEO. Search engine optimization adalah bidang yang saya geluti secara intensif. Dulu di awal mengembangkan usaha internet, saya belum memiliki budget promosi pemasangan iklan. Dan SEO adalah yang saya pilih. Teknis khusus agar website mudah dicari oleh pengunjung dengan kata kunci populer, saya pelajari secara otodidak dari berbagai literatur. Paling tepat belajar hal ini adalah melalui google webmaster blog, forum google maupun melalui forum lain dan group sosmed. Jika anda melakukan sendiri teknis seo ini, maka metode promosinya sangat efektif dan gratis! Tetapi jika anda tidak memiliki waktu luang mempelajarinya, maka biaya menjadi relatif lebih mahal. Tahukah anda bahwa website-website populer seperti: Bukalapak, Traveloka, Rumah.com, OLX dan lainnya memiliki divisi seo sendiri, meskipun iklan mereka gila-gilaan di segala lini? Ini menunjukkan betapa pentingnya teknik optimasi seo dalam mempromosikan situs / blog kita. Dulu saya kelola jasa optimasi dengan biaya rata-rata 2,5 juta per keyword. Bahkan saya pernah menolak order yang menawarkan optimasi situs ilegal dengan biaya 75 juta per keyword per bulan. Maaf, saya masih memiliki Tuhan yang bisa membiayai hidup saya dan keluarga!
  3. Metode SEM. Search engine marketing adalah salah satu teknik berpromosi (periklanan) terhadap situs dan blog serta website bisnis yang sangat efektif. Biasanya dikenakan per klik iklan di mesin telusur. Jaringan iklan adwords google adalah yang paling saya rekomendasikan. Jika anda mengelola bisnis baru dan ingin langsung mendapatkan transaksi, maka metode ini sangat disarankan. Zaman sekarang, siapa sih yang tidak menggunakan penelusuran google dalam mencari sesuatu? Silakan budgetkan dana promosi beriklan di google. Beberapa kompetitor website bisnis yang saya kelola rela mengeluarkan dana ratusan juta per bulan dalam menggunakan metode SEM. Bahkan saya mendapatkan bocoran bahwa situs travel dan toko online terkenal mengeluarkan dana ratusan juta per hari! Ini adalah teknik promosi web yang mahal, bukan?
  4. Aktif di Komunitas Online. Ini adalah bentuk promosi gratis yang disukai oleh kalangan blogger, pebisnis online pemula dan pemilik toko online perorangan. Biasanya mereka sengaja membuat nama anggota seperti nama website-nya. Lalu aktif berkomunikasi dalam threat yang ada dalam forum komunitas online. Apakah teknis ini efektif? Pengalaman saya memang cukup membantu, tetapi transaksi yang terjadi sesekali saja. Mungkin karena target market saya bukanlah kalangan pengguna forum online, sehingga booking tidak banyak.
  5. Metode Pemanfaatan Media Siar. Beriklan tentang web kita di televisi, koran dan majalah memang sangat efektif. Tetapi biaya yang dikeluarkan terasa menyakitkan, bukan? Hahaha.. mungkin karena bisnis online kita masih kategori UKM dan UMKM, maka biaya beriklan di TV terlihat sangat mahal. Jika anda ingin menjalankan metode ini secara efisien, silakan manfaatkan media siar online. Contohnya: Beriklan di situs detik.com, kompasiana, dan lainnya. Ini jauh lebih murah daripada beriklan di televisi.
  6. Promosi Offline. Metode ini juga sangat efektif terhadap semua usaha. Bahkan penyedia hosting (bisnis internet murni), juga masih memasang spanduk, banner, pamflet dan lain-lain. Metode mempromosikan website dan blog yang konvensional ini rasanya tidak mungkin ditinggalkan sampai kapanpun.
  7. Metode Iklan Udara. Teknis ini sebenarnya merupakan perluasan berpromosi offline. Anda bisa gunakan balon udara di atas kantor anda sebagai penanda lokasi dan media iklan. Memang, cara berpromosi seperti ini cukup mahal. Dan disarankan hanya untuk memperkuat brand saja. Apalagi space tersedia sangat terbatas. Hanya cocok jika website yang diiklankan memiliki nama pendek. Metode ini juga bisa memanfaatkan trend drone. Walau mengingatkan saya dengan zaman perang yaitu penyebaran brosur via udara. Secara konsep memang unik dan memanfaatkan teknologi muktahir. Tapi prinsip dasar ya tetap jadul. Bahkan saya kurang suka, karena tidak efektif, hanya tertarget secara area kecil dan tentu saja dimusuhin banyak pihak karena menyebabkan kotor pemukiman saja.

Demikianlah beberapa metode periklanan dan alternatif promosi terhadap website (situs online). Perhitungan budget yang cermat sangat diperlukan. Jika tujuan anda berbisnis online ingin menekan biaya, maka beberapa cara di atas perlu dipikir ulang. Apalagi jika usaha via internet yang anda jalankan masih dalam skala kecil dan dikerjakan perorangan.

Baca Pula Artikel:

Nyepam Bacok..! My blog is my rules!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *