Be my friends & live chat @ social accounts

Pengertian Harga Taksasi dan Cara Mengetahuinya


Cukup banyak yang bertanya kepada saya tentang pengertian harga taksasi mobil. Dan sebagian besar malah menyamakan dengan harga pasaran. Padahal berbeda arti. Pemahaman yang salah bisa saja mengakibatkan potensi kerugian konsumen, terutama jika ingin menjual kendaraan dengan acuan nilai taksasi. Demi menghindari kerugian, maka saya akan ulas secara detail agar memudahkan anda untuk mengerti dan cara penentuannya,

pengertian harga taksasiPada simulasi gadai bpkb mobil populer yang kami tulis sebelumnya, ada beberapa harga patokan mobil yang kami sebutkan. Apakah maksudnya? Berikut pengertian taksasi yang perlu anda ketahui:

Taksasi adalah penentuan nilai acuan yang digunakan oleh lembaga keuangan, saat menentukan besarnya pencairan uang dan angsuran. Harga taksasi merupakan nilai rata-rata dari kombinasi harga pasaran saat itu, nilai lelang serta depresiasi agunan

Dari penjelasan di atas, kata kunci penting (clue) yang harus anda ingat adalah “nilai rata-rata”. Jadi tidak bisa dianggap sama dengan tarif pasaran resmi untuk jual beli. Apalagi, kombinasinya dikaitkan dengan nilai lelang, yang besarnya jauh di bawah harga pasaran mobil misalnya.

Sesuai dengan definisi nilai taksasi mobil di atas, maka dapat ditetapkan bahwa nilainya dipengaruhi oleh:

  1. Harga pasaran (P) saat itu. Jadi pihak perusahaan pembiayaan menggunakan tarif biaya berdasarkan harga mobil bekas dari dealer rekanan di kotanya. Silakan buktikan hal ini pada kreditur pinjaman di kota yang berbeda. Misalnya anda hubungi situs Danadepok dan dibandingkan dengan situs pinjaman dana di Jakarta. Pasti angkanya berbeda.
  2. Nilai lelang (L). Harga tebus mobil tarikan saat dilelang juga mempengaruhi penetapan taksasi jaminan.
  3. Depresiasi agunan (D). Secara matematis, pihak leasing memiliki patokan depresiasi harga mobil setiap tahunnya.

Rumus Taksasi (T)

T = (L + D + P) : 3

Jika anda mencoba mengajukan pendanaan dengan pencairan sebesar taksasinya, maka akan ditolak leasing maupun bank. Silakan pelajari tips agar kredit disetujui, seperti yang saya tulis sebelumnya.

Demikianlah penjelasan terkait penetapan nilai untuk harga taksasi jaminan, khususnya mobil. Perusahaan keuangan resmi pasti menggunakan data di atas untuk menghitung angsuran serta dana cair pada produk pinjaman.

Baca Pula Artikel:

Nyepam Bacok..! My blog is my rules!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *