Be my friends & live chat @ social accounts

Simulasi Gadai Bpkb Mobil & Struktur Komponen Kredit


Pedoman dalam mengetahui struktur kredit di bank dan leasing, dan komponen simulasi pada program gadai bpkb mobil adalah hal penting yang wajib diketahui masyarakat. Jika anda menganggap sepele hal-hal yang mempengaruhi perhitungan simulasi, maka percuma saja mengajukannya saat pertama kali berkonsultasi dan menghubungi marketing leasing. Bahkan, jika anda tidak bertanya tentang struktur simulasi perhitungan secara detail, dan hanya fokus pada beberapa item saja, maka anda bisa saja dimanfaatkan secara negatif oleh oknum perusahaan pembiayaan.

gadai bpkb mobil

Marketing bank dan leasing yang memberikan layanan gadai pada agunan bpkb mobil biasanya langsung mengenali kemampuan calon nasabah terhadap pemahaman simulasi. Pertanyaan yang berkaitan dengan struktur dan komponen yang kurang lengkap dapat diartikan bahwa anda hanya sekedar pura-pura mengerti perhitungan dan ingin dianggap cerdas! Ini adalah hal yang fatal!

Tujuan Mempelajari Struktur Kredit

Ulasan terkait struktur dan komponen kredit pada simulasi gadai berikut ini memiliki tujuan penting diantaranya:

  1. Mengetahui besaran nilai pencairan dana yang diterima nasabah.
  2. Mengetahui kewajiban pembayaran besarnya angsuran per bulan hingga lunas.
  3. Anda mengetahui biaya-biaya yang muncul dalam simulasi gadai bpkb mobil. Dan ini adalah kewajiban yang harus dibayarkan.
  4. Meminimalisir dan antisipasi kemungkinan kerugian akibat penerapan komponen biaya atau tarif tertentu yang tersembunyi pada pinjaman. Penipuan akibat tindakan yang tidak terpuji dengan cara menyelipkan biaya khusus cukup banyak kita dengar belakangan ini.
  5. Mengetahui berapa nilai taksasi beserta suku bunga yang dikenakan pada jaminan mobil anda.

Mengingat hal ini sangat penting, ada baiknya anda menghubungi karyawan perusahaan pinjaman dana yang berpengalaman, profesional, dan cerdik.

Komponen Dan Struktur Simulasi Gadai

Berikut ini adalah komponen penyusun dalam simulasi pinjaman gadai bpkb, termasuk struktur kredit terkait jaminan mobil yang anda miliki. Adapun hal yang penting adalah:

  • Nilai taksasi mobil. Biasanya angka yang ditetapkan berdasarkan rata-rata harga pasaran kendaraan dan nilai lelang. Jadi bukan berarti bahwa taksasi itu sama dengan harga mobil. Nilai yang diperoleh inilah sebagai komponen dasar yang dibutuhkan dalam perhitungan simulasi.
  • Suku bunga pinjaman. Dalam struktur kredit, suku bunga memiliki angka yang berbeda-beda untuk setiap tenor, jenis mobil yang ingin digadaikan bpkb-nya, tahun pembuatan, kepemilikan unit dan bahkan berdasarkan besarnya pinjaman. Semakin tinggi dana yang ingin dipinjam, maka biasanya suku bunga makin kecil.
  • Pemberlakuan Tenor. Secara umum, perusahaan pembiayaan resmi menerapkan jangka waktu masa pengembalian hutang nasabah mulai dari tenor 12 bulan hingga maksimal 36 bulan. Beberapa leasing besar bahkan memiliki program khusus hingga 48 bulan. Jika yang lain berlomba-lomba memberikan tenor panjang, justru kebalikan pada perusahaan Siduit. Mereka baru saja meluncurkan program promo khusus yang menarik. Gadai bpkb tenor pendek, yang berlaku pada jenis kendaraan mobil sedan, jeep dan minibus.
  • Nilai asuransi. Sebagai nasabah pinjaman uang dengan jaminan bpkb mobil, maka cover asuransi mutlak diperlukan. Bahkan jika mobil sudah diasuransikan sebelumnya dan polis masih aktif, maka tetap harus membuat polis baru. Hal ini terkait dengan proses klaim. Dalam pinjaman dengan cara menggadaikan bpkb, maka polis yang diterbitkan atas nama kreditur. Jadi, jika mobil hilang, maka pihak leasing berhak mengajukan klaim dan menerima pencairan tanpa melalui nasabah. Tarif asuransi dalam bisnis pinjaman biasanya sebesar 1% (TLO) dan 2,5% (Allrisk). Dan ini dihitung dari harga pasaran mobil bukan taksasi.
  • Biaya admin. Struktur kredit pasti menerapkan biaya administrasi (bea admin), sebagai akibat terjadinya transaksi. Besarnya sekitar 1% per tahun, dan dihitung dari nilai taksasi pendanaan.
  • Besaran Cicilan / angsuran. Inilah yang menjadi kewajiban anda selaku nasabah yang mengajukan pinjaman. Biasanya dibayarkan setiap bulan sesuai dengan tanggal yang ditetapkan oleh kreditur. Nilai angsuran dapat diperoleh jika seluruh komponen struktur kredit di atas telah tersedia.

Tips Khusus

Jika anda telah memperoleh simulasi perhitungan pencairan dan angsuran bulanan pada program gadai bpkb unit mobil maka ada tips khusus yang perlu anda ketahui. Silakan anda jumlahkan antara nilai pencairan nett dengan biaya admin dan asuransi, inilah besarnya pembiayaan atas agunan anda.

Nilai total inilah yang digunakan sebagai patokan perhitungan angsuran dan penerapan suku bunga. Jadi interest rate dikalikan nilai pembiayaan ini, bukan dikalikan dari nilai dana yang dicairkan.

Demikianlah penjelasan terkait dengan komponen dan struktur kredit leasing dan bank, yang memberikan program pinjaman gadai. Pastikan bpkb mobil anda dijaminkan pada perusahaan leasing resmi yang memberikan fotokopi perjanjian kontrak yang dilegalisir. Karena biasanya, perusahaan pembiayaan bonafit dan profesional memberikan hal ini, dan bahkan seluruh komponen dan biaya pinjaman dituliskan terperinci. Ini akan meminimalisir potensi kerugian akibat permainan oknum yang berusaha mengambil keuntungan dengan menerapkan biaya tersembunyi pada simulasi yang diberikannya.

Baca Pula Artikel: