Be my friends & live chat @ social accounts

Waspada Biaya Tersembunyi Pada Pinjaman Kredit


Ada banyak jenis biaya resmi maupun tersembunyi pada program pinjaman kredit yang dikeluarkan oleh leasing dan bank. Kadang penerapannya tergantung produk layanan yang ditetapkan. Artinya, tidak semua macam pembebanan dapat ditambahkan. Selain karena adanya ketentuan khusus dan diawasi oleh pemerintah, beban biaya pinjaman yang terlalu banyak jumlahnya (termasuk yang diam-diam tersembunyi), akan mencekik calon nasabah. Pada akhirnya, kreditur sendiri akan merugi karena produknya tidak laku di pasaran.

biaya kredit

Jenis Biaya Kredit

Pada artikel pedoman gadai jaminan bpkb, terutama pada poin ke 10, saya menuliskan bahwa ada yang mengira kalau pihak oknum agent atau marketing leasing / bank dapat menerapkan biaya tersembunyi. Dan hal ini memang memungkinkan. Karena itulah, maka diharapkan masyarakat waspada terhadap jenis biaya-biaya pada program kredit (pinjaman). Dan berikut ini adalah penjelasan serta penjabarannya.

Biaya Resmi

  • Biaya administrasi.
  • Biaya asuransi.
  • Biaya provisi (jasa marketing).
  • Beban bunga pinjaman kredit.
  • Biaya notaris.
  • Biaya Fidusia.

Biaya Non Resmi

Sering disebut juga sebagai biaya siluman pinjaman maupun bea tersembunyi. Indikasinya adalah sebagai berikut:

  • Bea pendaftaran. Penerapan pembebanan ini sepanjang sepengetahuan saya, tidak pernah diterapkan oleh perbankan, leasing maupun institusi keuangan resmi di Indonesia.
  • Bea survey. Pihak surveyor yang merupakan karyawan internal sudah digaji dan bahkan sebagian besar perusahaan telah memberikan tunjangan transportasi. Jenis ini memang bisa saja diterapkan secara resmi jika perusahaan pembiayaan menggunakan jasa pihak luar untuk melakukan survey. Khusus warga Banten yang ingin terhindar dari biaya siluman surveyor, kami sarankan hubungi pengelola Pinjaman Dana Tangerang. Karena mereka dikenal memiliki proses survey yang paling mudah. Dan tentu saja gratis!
  • Biaya Meterai. Ini sering diajukan oleh oknum lembaga keuangan kepada calon nasabah. Dan hal tersebut tidak pernah ada dalam ketentuan perusahaan manapun!
  • Fee Aproval. Inilah oknum yang paling merugikan masyarakat. Seolah-olah memberitahukan bahwa dialah penentu aproval kredit. Padahal SEMUA bank dan leasing pasti menetapkan bahwa persetujuan pinjaman di tangan komite kredit, yang biasanya merupakan wewenang pimpinan.
  • Biaya konsultasi. Ini biasanya diterapkan oleh oknum agent yang tidak bisa memasarkan produk. Jadi, dia menerapkan fee khusus dengan janji akan membeberkan rahasia penting agar pinjaman dapat disetujui. Anda perlu hindari yang seperti ini. Saya melihat, semakin profesional-nya seorang marketing atau agency, biasanya malah menerapkan konsultasi gratis kepada calon nasabah. Salah satunya yang profesional dan memberikan konsultasi kredit gratis adalah pengelola website Dana Surabaya yang dikenal terbaik di Jawa Timur. Contoh lain yang

Demikianlah informasi terkait pembebanan bea dalam bisnis pembiayaan. Dengan diterbitkan ulasan ini, diharapkan bahwa masyarakat semakin waspada dengan intrik kotor oknum perusahaan jasa keuangan di Indonesia, yang sering menerapkan biaya khusus dan tersembunyi.

Baca Pula Artikel:

Nyepam Bacok..! My blog is my rules!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *